huruf kapital


 HURUF KAPITAL

 BY : SILVIRA 


HURUF KAPITAL 

Huruf kapital adalah huruf besar yang dipakai sebagai unsur pertama kata pada awal kalimat dan kegunaan lainnya. Biasanya huruf kapital digunakan untuk menuliskan judul buku, karangan, artikel, majalah, kecuali kata tugas yang tidak ada di awal kalimat. Seperti ini contohnya. Aku menulis cerita berjudul Liburan ke Kampung Halaman. Aku baru saja membaca buku berjudul Laskar Pelangi.

Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama jabatan dan pangkat yang diikuti nama orang atau yang dipakai sebagai pengganti nama orang tertentu, nama instansi, atau nama tempat. Contoh : Gubernur Jawa Barat. 6. Huruf kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur-unsur nama orang. Contoh : Dewi Sartika.


 


Banyak sekali kita jumpai Masalah sepele ketika menulis  yaitu kebingungan harus menggunakan huruf kapital hal ini banyak dianggap memiliki fungsi utama untuk memberikan penekanan, dan juga menunjukkan permulaan tetapi banyak jumlah kaidah lain yang termuat dalam pedoman umum ejaan bahasa Indonesia.

 


Menurut saya ada banyak manfaat ketika kita mempelajari huruf kapital salah satunya dapat  meningkatkan pemahaman dalam membaca, karena dengan adanya huruf kapital kita bisa tau mana yang dirasanya cukup penting ataupun tidak, misalkan singkatan, KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), jika tidak berhuruf kapital bisa jadi kpk dianggap typo atau yg kekurangan kata seseorang nama benda dan nama lainnya, dan huruf kapital juga berfungsi sebagai tanda bagi kata tersebut bahwa kata itu sangat penting. 

Motivasi saya ingin mempelajari huruf kapital adalah agar hasil tulisan saya juga mudah dipahami mudah untuk dibaca dan mudah untuk dimengerti. 

 Nahh, Huruf kapital biasanya selalu diletakkan pada awal kata pertama dalam suatu kalimat. Padahal sebenarnya huruf kapital tidak hanya dapat digunakan pada awal kata pertama saja tetapi juga pada kata-kata setelah akan penggunaan dan penulisannya harus sesuai dengan kondisi atau aturan tertentu yang telah ditetapkan.

 Menurut saya Kerugian seseorang jika tidak mempelajari materi huruf kapital itu banyak yaitu Kita sebagai pelajar secara tidak sadar salah menggunakan huruf kapital baik di dalam penggunaan penulisan biasa sehingga juga penggunaan media, terkadang juga penulisan ini tidak bisa kita maklumi terus-menerus apabila jika kita sedang menulis dokumen formal.


Jadi Itulah tadi penjelasan saya mengenai “ Penggunaan Kapital ” apabila anda membacanya dari awal sampai habis saya mengucapkan terimakasih telah membaca, semoga bermanfaat bagi kelangsungan blog di indonesia juga tentunya. jadi sekarang kamu dapat menambah wawasan dengan banyak membaca tiap harinya, karena dengan membaca kamu dapat menambah ilmu yang kamu miliki, mungkin sekian saja saya tutup apabila terdapat kesalahan dalam penulisan saya mohon maaf, sampai jumpa ^_^


Daftar Pustaka

https://penerbitdeepublish.com/kesalahan-penggunaan-huruf-kapital/,

 https://www.kompasiana.com/rianayus2755/630e1b5108a8b504e417d094/mirisnya-penggunaan-huruf-kapital-pada-karya-siswa-dan-mahasiswa-akibat-learning-los


Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer